Rabu, 23 Februari 2011

Panggilan Nama yang Unik di Bima

Bahasa Bima atau di sini di sebut Nggahi Mbojo memang agak-agak mirip bahasa Flores, hehe ya iya lah kan bersebelahan pulaunya. Pokoknya beda lah dengan bahasa Lombok, walaupun satu propinsi, kalo Lombok agak mirip ke bahasa Bali. beberapa ciri-cirinya seperti inih :

Dalam menyebutkan huruf E seperti menyebut kata pempek. Aq pernah dibuat kekhi gara-gara penyebutan huruf E ini. Waktu itu aq membeli deterjen ke sebuah toko, dengan merek Attack, memang ada beberapa varian tuh, trus aq bilang ke si Mbak pelayannya untuk di ambilkan Attack Softener. Tentu kan menyebutkan kata softener huruf e-nya seperti menyebut kata merem. Si mbaknya bingung, " yang mana bu" katanya. bolak- balik di lihatin di bagian rak deterjen "ngga ada bu". Itu lho mbak, kataku sambil menunjuk lebih dekat. "Oooo....Attack Softener....."sambil menyebutkan kata softener-nya dengan huruf e seperti kata pempek tadi. beuhhhh....

Cirinya lagi adalah tidak ada huruf mati atau konsonan dalam akhir sebuah kata, jadi misal menyebutkan kata bahasa Indonesia Ingat maka yang di sebut adalah Inga, pasti tahu kan iklan pemilu 10 tahun lalu .....inga-inga ting!!!

Nah ada lagi yang unik dalam bahasa Bima ini, yaitu dalam memanggil nama orang. Lazimnya sebagai orang Jawa *orang tegal kalo menyebut Jawa tidak Jowo* memanggil orang yang lebih tua pasti di depan namanya di tambahkan Pak, Bu, Mas, Mbak dan sebagainya. di bima ini sebagian contohnya seperti ini :

Wahab menjadi Weho

Kasim  menjadi Keso

Arifin    menjadi Refo

dan itu tidak di dahului dengan Pak...tapi langsung Weho. karena itu sudah merupakan panggilan kehormatan. Tapi entah kenapa aq tidak tegel kalo memanggilnya tanpa dengan embel-embel Pak atau Bu...jadinya tetep aq panggil Pak Weho atau Pak Refo. padahal justru itu menyalahi aturan katanya....apalagi kalo memanggilnya seperti dialek orang-orang Bima :

Refooo.....oi .....Refoo.....

dengan nada tinggi, duh....nggak bisa. makanya dengan sangat terpaksa, lebih baik aku memanggilnya masih dengan sebutan nama aslinya seperti Pak Kasim, gitu aja, ya harap maklum.

KALEMBOADE !!!

0 komentar:

Posting Komentar